Blog Informasi dan Hiburan Terbaru

Thursday, February 9, 2017

Tips Mudah Agar Lutut tidak Cedera


Usia menjelang senja akan banyak sekali keluhan terhadap kesehatan tulang, karena pada umumnya pada usia ini kesehatan tulang banyak berkurang. Salah satu tulang yang paling rawan mengalami pengurangan kualitas kesehatan yakni tulang di daerah kaki, kenapa demikian? Karena tulang kaki membantu  menopang badan kita setiap hari.




Dan bagian yang berat menopang badan adalah kaki bagian lutut, dengan kondisi  lutut yang lemah, maka dapat  mengakibatkan kemampuan berjalan dengan sempurna. Oleh karena itu Untuk menghindari melemahnya fungsi lutut, dibutuhkan olahraga khusus untuk menjaga kesehatan lutut agar tetap terjaga. Berikut ini  beberapa gerakan olahraga yang dianjurkan untuk menyehatkan lutut, seperti informasi yang dilansir di laman Health.



Latihan  Pemanasan Awal

Pertama-tama latihan pemanasan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemanasan awal yakni dengan melakukan beberapa peregangan calf. Misalnya seperti  dengan merentangkan kedua tangan dan menempelkannya pada dinding. Sementara posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri Anda. Dengan bertumpu pada dinding, lekukkan kaki kiri Anda ke depan dengan lutut kaki kanan berposisi lurus. Lakukan secara berulang selama 30 hitungan.


Gerakan Melekukkan  kaki

Syarat utamanya adalah dengan bantuan tumpuan tembok atau kursi untuk melakukan gerakan ini, selanjutnya  gunakan kaki kanan  sebagai tumpuan, bebankan semua ke kaki kanan dan perlahan-lahan angkat kaki kiri sampai dengan sejajar bokong  lakukan dengan cara bergantian kaki kiri agar seimbang, kemudian ulang terus hingga gerakan ini selama kurang lebih 20 hitungan 


Gerakan Menggunting

Langkahnya dengan membaringkan tubuh  ke sebelah kiri dan miringkan posisi tubuh seperti kalau sedang tertidur dengan kedua kaki menumpuk. Kemudian posisikan lengan kiri di lantai dan jadikanlah tumpuan, angkat dan turunkan kaki kanan secara perlahan, seperti gerakan menggunting. Ulangi dengan posisi bergantian lakukan kurang lebih 30 kali.


Gerakan Membentuk Candi

Gerakan ini dilakukan dengan menyerupai sebuah candi yakni  membentuk kerucut, langkahnya dengan melakukan membuka dan merentangkan kedua kaki sejajar rentangan tangan, lekukan lutut ke atas dan ke bawah sehingga membentuk sebuah kepala candi. Dengan kondisi  posisi setengah jongkok,lakukan sambil menarik napas dalam-dalam dan tekan bagian perut dan paha. Gerakan ini baiknya dilakukan maksimal 15 detik.


Gerakan  Angkat kaki

Gerakan mengangkat kaki ini dilakukan dengan  posisi sambil tiduran terlentang dengan kaki kiri dilipat ke depan, kemudian kaki kanan lurus ke atas, posisi kedua tangan berada disamping, dan telapak tangan menempel di lantai. Lakukan dengan menggerakkan kaki kanan ke atas dan ke bawah selama minimal 20 kali. Selama melakukan gerakan ini dapat dilakukan juga gerakan menarik dan membuang napas perlahan.


Gerakan menyerupai anak tangga

Gerakan  ini dilakukan menyerupai naik anak tangga  secara bergantian kaki kiri dan kanan, gerakan ini dapat dilakukan dengan bantuan satu anak tangga saja dengan arak naik turun. Gerakan ini dapat dihentikan ketika betis dan lutut terasa tegang dan jangan memaksakan diri untuk terus melakukannya, boleh dilakukan kembali ketika tenaga sudah benar-benar pulih.


Gerakan Kepakan kupu-kupu

Gerakan ini dilakukan dengan sangat hati-hati karena bila tidak akan berakibat pada tidak seimbangan gerakan, Gerakan yang dimaksud menyerupai kepakan kupu-kupu adalah suatu gerakan yang dapat  dilakukan dengan cara duduk kaki bersila dan posisi bahu yang lurus tegak, selanjutnya kedua tangan dilipat dan tempel  membentuk segitiga, kemudian secara perlahan sedikit demi sedikit mulai jatuhkan badan sambil meluruskan kaki. Lakukan gerakan ini bergantian sehingga akan seimbang.

Tips Mudah Agar Lutut tidak Cedera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno