Blog Informasi dan Hiburan Terbaru

Sunday, February 12, 2017

Gejala-gejala Penyakit Kista Ovarium yang perlu anda ketahui

Yuk, Kita ketahui Gejala-gejala Penyakit Kista Ovarium. Penyakit kista dapat terjadi pada manusia siapa saja, khususnya kaum hawa dan penyakit ini dapat juga tidak mengenal usia. Penyakit Kista merupakan akumulasi berisi cairan yang terjadi dalam organ reproduksi atau pada permukaan ovarium dan Penyakit ini dapat mengenai juga organ seperti ginjal. Penyakit Kista ovarium berkembang karena gangguan fungsi normal dari siklus bulanan menstruasi, dimana setiap bulan wanita menghasilkan sel telur.


Penyakit ini terdapat 5 jenis sebagai berikut :

1. Kista Dermoid, Jenis kista ini merupakan sejenis tumor jinak akan tetapi jarang menjadi kanker, Kista ini berisi jaringan tubuh seperti lemak, kelenjar sebasea maupun seperti jaringan rambut.

2. Kista Cystadenomas, Jenis kista ini berkembang pesat di ovarium karena berisi jaringan ovarium dan berisi cairan yang encer, Kista jenis ini dapat membesar sampai berdiameter 12 inci.

3. Kista Endometrioma, jenis kista ini merupakan hasil dari endometriosis atau sel endometrium yang tumbuh diluar rahim. 



4.  Kista Folikuler, Kista ini terbentuk karena sel telur yang tidak dilepaskan pada saat ovulasi jenis kista ini dapat menimbulkan nyeri, dan akan hilang dengan sendirinya.

5. Kista Korpus Luteum, Jenis kista ini terbentuk setelah sel telur dilepaskan oleh ovarium.

Pada umumnya penyakit kista tidak begitu nampak gejalanya dan para kaum hawa kerap tidak menyadarinya, akan tetapi adanya rasa nyeri pada daerah perut terutama bagian bawah patut diwaspadai. Penyakit kista akan terasa nyeri bila kista mengalami pecah, karena kista sudah membesar sehingga pergeseran terhadap organ disekitarnya. Penyakit kista dapat diketahui dengan menggunakan USG (ultrasonografi), Sinar x-ray atau CT Scan, dan beberapa penyebabnya adalah karena infeksi, tumor, peradangan kronis dan faktor genetik. 

Adapun Gejala-gejala Penyakit Kista Ovarium  dapat seperti berikut :
  1. Nyeri Panggul, yakni nyeri yang dirasakan bisa menyebar ke bagian punggung hingga ke paha, nyeri ini juga kadang dirasakan sebelum menstruasi dan saat akan berakhir, saat berhubungan badan pun bisa timbul rasa nyeri, bahkan buang air besarpun juga dirasakan nyeri.
  2. Mual, muntah 
  3. Perut terasa kembung, penuh atau begah
  4. Sering buar air kecil karena adanya tekanan pada kandung kemih.


Itulah beberapa ciri-ciri penyakit kista, ada beberapa penyakit kista ini baru diketahui saat kehamilan karena biasanya sat hamil pasti akan melakukan pemeriksaan rutin mengunakan USG. Pada saat inilah akan memantau perkembangan kehamilan maupun penyakit kistanya, karena bila kista tersebut mulai ganas dapat mengakibatkan komplikasi yang akut pada kehamilan.

Penyakit ini tidak dapat dicegah tapi bisa dicegah dengan melakukan pemeriksaan panggul secara rutin, sehingga pertumbuhan kista pada ovarium dapat segera diketahui, Penyakit kista juga dapat di ketahui dari pola siklus menstruasi setiap bulannya.


Gejala-gejala Penyakit Kista Ovarium yang perlu anda ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Reno